Jumat, 09 Desember 2016

Sungai Belanda Bontang Kuala

Sungai Belanda Bontang Kuala

Wisata alam Kota Taman sepertinya akan bertambah. Pasalnya, ada wisata baru yang tak kalah menariknya yakni Sungai Belanda di wilayah Bontang Kuala. Uniknya, wisatawan bisa menyisiri indahnya hutan mangrove yang masih asli, tumbuh liar dengan berbagai varian jenis tanaman.

Salah satu warga Bontang, Yhenda Permana yang mengaku turut peduli terhadap ekowisata Bontang Kuala mengatakan, ekowisata Bontang Kuala sangat berpotensi dikembangkan. “Ekowisata ini jadi perhatian dan fokus kita yang sangat baik untuk dikembangkan, seperti di Vietnam yakni Sungai Mekong. Di sana banyak sekali turis datang, padahal jika dilihat kondisinya bagusan kita, tinggal bagaimana mengelolanya,” ujar Yhenda belum lama ini.

Karena ingin mengubah Sungai Belanda menjadi seperti Sungai Mekong yang mampu menyedot perhatian para turis atau wisatawan, Yhenda menjelaskan jika dia sudah menggandeng salah satu LSM lingkungan untuk memberdayakan mangrove. Selain itu, perusahaan sekitar juga sudah menyumbangkan beberapa perahu yang digunakan untuk para wisatawan atau turis berkeliling Sungai Belanda. Bukan hanya itu, demi kemudahan para wisatawan asing, mereka juga mengkursuskan beberapa warga Bontang Kuala yang dijadikan penunjuk jalan yang bisa berbahasa Inggris.

“Saat ini sudah berlangsung krusus Bahasa Inggrisnya, sementara periode awal ada enam orang yang kursus. Wilayah Bontang Kuala juga sangat potensi untuk homestay para wisatawan, sehingga para wisatawan tidak menginap di hotel melainkan di homestay warga. Sebab para turis sukanya yang natural, kita jual naturalnya,” jelasnya. (soh/sal)
Sumber : Bontang Post

Previous
Next Post »